Friday, November 09, 2007

Poso, now at conducive condition

Kemaren (red: 7/10) gw berangkat ke Poso dalam rangka tugas kantor, hmmm... mungkin di benak temen2 masih terngiang kerusuhan Poso lalu, memang waktu memasuki kota Poso, masih banyak ditemui puing2 reruntuhan bangunan, yang menjadi saksi bisu kerusuhan Poso, daerah ayng awalnya cukup ramai sebelum peristiwa tersebut, sekarang hanyalah sebuah jalan yang sepi dimana di kiri kanan jalan banyak ditemui reruntuhan bangunan.
mungkin temen2 pernah baca beritanya di koran tentang pembantaian di pondok pesantren wali songo atau penganiayaan yang dialami 3 orang siswi sma, yang dalam perjalan pulang ke rumah, dihadang oleh orang yang tak dikenal, 2 dari mereka tewas dalam keadaan yang mengenaskan, dengan kepala terpenggal, perut terbelah, dan isi perutnya telah diganti dengan kepala babi, sedangkan 1 orang berhasil melarikan diri dengan cara terjun ke jurang. Nah daerah ini lah yang gw kunjungin kemaren, Bukit Bambu, sebenernya merupakan daerah yang cukup amazing, panorama yang indah yaitu kota poso dan teluk posonya dapat kita saksikan dari sini, karena memang posisinya di atas bukit, disinilah kisah tragis dan sangat tidak berperikemanusiaan itu terjadi.
Namun, kondisi Poso saat ini sudah mulai kondusif, yang ada tinggallah puing2 bangunan dan makam2 korban sebagai saksi bisu aksi betapa kejamnya manusia saat itu. "Jangan Lupakan Poso"

No comments: