Thursday, March 19, 2009

... sauna ... fat loss myth ...



sering tergelitik saat mendengar obrolan member di gym yang berpikiran klo dengan rajin sauna tiap hari bisa membakar lemak...
benarkah sauna dapat membakar lemak? jawabannya iya eits... tunggu dulu... sauna iya bakalan membakar lemak klo di dalam ruangan sauna anda melakukan push up, sit up, angkat2 dumbbell, bench press... hehe...

cukup... cukup, becandanya.. pada saat sauna, yang terjadi adalah proses pemanasan cairan dalam tubuh sehingga dikeluarkan berupa keringat. tidak hanya air yang dikeluarkan, namun bersama dengan keringat tersebut juga dikeluarkan zat-zat racun atau radikal bebas seperti mercury, lead, sodium, dan sulphuric acid, ini lah salah satu manfaat sauna.
Pada saat sauna otot-otot kita berelaksasi karena asam laktat yang menumpuk ikut keluar terbawa keringat, dan sauna dapat melancarkan aliran darah, dan memberikan efek tenang jika diberikan minyak atsiri pada pemanas.

JANGAN pernah beranggapan, yang dibakar di ruang sauna adalah lemak, lemak terbakar, kemudian mencair dan keluar bersama keringat. itu hanya MITOS, malah pembakaran lemak terjadi pada saat proses pendinginan suhu tubuh sehabis sauna, itu pun tidak terlalu signifikan energi yang digunakan oleh tubuh kita.


Minumlah air yang cukup banyak setelah bersauna, untuk menggantikan keringat yang keluar dari tubuh. Hati hati bagi para ibu hamil, penderita tekanan darah rendah atau tinggi, penderita penyakit jantung, dan penyakit lain, harap konsultasi dahulu dengan dokter sebelum ber’sauna’ ria. Sauna juga berbahaya bagi mereka yang sedang dalam pengaruh obat atau alcohol.


Bagi pria, jangan terlalu sering sauna, menurut hasil riset, suhu yang tinggi akan menurunkan fertilitas pada pria. Sepengetahuan saya, jika anda benear-benar masih ingin berelaksasi di ruang sauna, lakukanlah 1 kali dalam seminggu, dengan durasi yang tidak terlalu lama sekitar 10-15 menit saja. anda masih ingin punya keturunan bukan?


dari berbagai sumber

1 comment:

Anonymous said...

hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....