Thursday, August 07, 2008

use your time to capture a great photo

banyak temen2 sesama pencinta fotografi yang belum tahu waktu² terbaik dalam melakukan pemotretan, dan mungkin banyak juga yang udah tau kali yah...

just share pembagian waktu2 yang tepat dalam fotografi, inipun gw dapet dari sumber lain yang gw udah lupa tepatnya dapet dari mana... hehe

jam 5 : Fajar : warna pink, cahaya yang sangat halus dan kabut tipis untuk danau, sungai dan pemandangan.

jam 6 : Sunrise : Cahaya renyah, keemasan. Pas untuk subjek-subjek
menghadap timur.

jam 10 – 14 : Tengah hari : tidak cocok untuk pemandangan dan motret orang, tetapi bagus untuk motret gedung-gedung dan monumen. Warna-warna bangunan dan detailnya terekam sangat baik.

jam 14 – 16 : Sore hari : Langit biru dengan polarizer.

jam 16 – 18 : Senja hari : Cahaya yang hangat, keemasan. Pas untuk subjek-subjek menghadap barat. Waktu terbaik untuk landscape dan orang, khususnya satu jam sebelum sunset.

jam 18 – 18.30 : Sunset : Langit yang indah, mulai 10 menit sebelum sunset sampai 10 menit sesudahnya.

jam 18.30 – 19.30 : Magrib : Foto malam yang indah, lampu-lampu sudah bernyalaan sedangkan langit masih nampak keunguan.

1 comment:

GustavoGustaf-Celebes said...

Saya bukan photograper, tapi hasil 'jepretan' yang bagus pasi aku sukai. Pasi, gambar bisa berbicara secara nyata jika yang mengambil titik patokan (angle?) benar-benar fokus sehingga berkesan dan tanpa perlu penjelasan, hehehe.
Yang membuat saya tertarik pada blogg ini adalah teknik pewarnaan yang sangat hidup dan bisa dinikamati, gambar pada tampilan judul blogg punya keindahan tersendiri.
Bolekah saya berkomunikasi via email, syukur sekali jika bisa jumpa/ketemu langsung, untuk mohon bantuan pembuatan blogg (ada pribadi, ada pula untuk kegiatan/aktifitas sosial.
Salam (gustavo)
gustavorudolf@plasa.com